Sun. Jul 21st, 2019

Musim Kemarau, Sawah di Wilayah Lebak Wangi Ini Jarang Kekeringan

1 min read

SERANG, bantenhariini.com – Walaupun saat musim kemarau, sawah di wilayah Lebak Wangi Kabupaten Serang rupanya jarang mengalami kekeringan.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh salah satu warga Kampung Astana, Desa Purwadadi, Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang, Idris, Rabu (10/7/2019).
Idris mengatakan, karena berdekatan dengan irigasi sawah, masyarakat yang bertani di kawasan ini jarang mengalami kekeringan parah.

“Jarang kekeringan, paling kekurangan air gitu doang kalau kekeringan mah jarang,” katanya.

Namun, ia mengaku, saat kekurangan air petani kerap rebutan air dengan cara buka tutup tanggul pembatas dari hulu.

“Kalau kurang air rebutan, ngambil dari irigasi, orang PU yang ngatur irigasi, kalau musim nyawah biasanya itu dibagi-bagi, langsung ngalir ke sawah biasa. Kalau airnya lancar masuk ke sawah langsung,” jelasnya.

Selain itu, sawah yang permukaannya lebih tinggi, ia menjelaskan, harus dibantu menggunakan mesin pompa air agar bisa masuk ke sawah.

“Paling yang agak tinggian, baru pakai mesin sedot air, harus dibantu. Kalau kering banget ya gak diapa-apakan di sini mah. Kalau lahan persawahan, jarang sih kekeringan, kalau kemarau panjang baru, buat mandi aja susah, lima tahun sekali mah kena itu,” tandasnya. (DA)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *