Basarnas Banten Antisipasi Bencana Megatrusht Basarnas Banten Antisipasi Bencana Megatrusht
SERANG, bantenhariini.com – Dampak bencana Sunda Megatrusht dianggap bisa lebih besar dibandingkan tsunami Selat Sunda pada 22 Desember 2018 lalu. “Nah untuk mencegah potensi... Basarnas Banten Antisipasi Bencana Megatrusht

SERANG, bantenhariini.com – Dampak bencana Sunda Megatrusht dianggap bisa lebih besar dibandingkan tsunami Selat Sunda pada 22 Desember 2018 lalu.

“Nah untuk mencegah potensi bencana megatrusht di Banten kami akan lakukan koordinasi dengan pihak terkait,” kata kepala Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banten Zainal Arifin, seusai konfrensi pers, Kamis (16/5).

Rencanannya, dikatakan Zaenal Arifin dalam rapat rapat koordinasi tersebut, akan menyusun rencana kontigensi sehingga nanti ketahuan siapa dan berbuat apa.

“Potensi-potensi apa yang dimiliki, nah ini bisa mendukung terhadap penanganan Megatrush itu sendiri,” ujarnya.

Diketahui, Megathrust adalah zona tumbukan antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia Megathrust memanjang dari sebelah barat ujung Sumatera, ke selatan Jawa, Bali, Nusa Tenggara, yang terbagi ke beberapa segmen. Salah satunya adalah segmen di selatan Selat Sunda.

Bahkan ada yang mengatakan panjangnya mencapai 5.500 kilometer. Semenjak Myanmar di bagian Utara, menuju ke barat daya wilayah Sumatra, dan berlanjut ke selatan Jawa dan Bali sebelum berakhir dekat Australia. Zona ini dibagi menjadiAndaman Megathrust, Sumatra Megathrust, dan Java Megathrust. (FEB)

banten hari ini

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *