Jalur Alternatif Ganjil Genap Tol Kunciran Jalur Alternatif Ganjil Genap Tol Kunciran
Tangerang, bantenhariin.com – Uji coba penerapan ganjil-genap di tiga pintu tol resmi dilaksanakan hari ini, Senin (16/4). Ketiga pintu tol tersebut yakni Pintu Tol... Jalur Alternatif Ganjil Genap Tol Kunciran

http://www.bantenhariini.com/wp-content/uploads/2018/04/IMG-aep-a'ink-WA0019-1.jpgTangerang, bantenhariin.com – Uji coba penerapan ganjil-genap di tiga pintu tol resmi dilaksanakan hari ini, Senin (16/4). Ketiga pintu tol tersebut yakni Pintu Tol Tangerang 2, Pintu Tol Kunciran 2, Pintu Tol Cibubur 2.

Berdasarkan pantauan sejak penerapan uji coba ganjil genap pukul 06.00 di Tol Kunciran 2, tampak sejumlah aparat mensosialisasikan kebijakan yang diterapkan hingga pukul 09.00 WIB saban hari kerja tersebut.

Kendaraan dengan nomor genap dibiarkan masuk menuju pintu Tol Kunciran 2, sementara pelat nomor ganjil akan dialihkan ke jalur alternatif.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa menjelaskan ada beberapa pilihan bagi warga yang tidak bisa masuk melalui pintu Tol Kunciran 2 yakni melalui pintu Tol Karawaci yang jaraknya sekitar empat kilometer dari sana.

Selain itu, pengendara bisa melalui jalur arteri atau jalan Raya Serpong yang juga terhubung menuju pintu Tol Bumi Serpong Damai (BSD) City. Atau, pengendara bisa melalui jalan Daan Mogot.

Royke yang mendatangi gerbang tol Kunciran 2 untuk memantau pelaksanaan hari pertama uji coba ganjil genap tersebut optimistis akan ada pengurangan beban volume kendaraan di dalam tol Tangerang sebanyak 30 hingga 40 persen pada pagi hari ini.

Berdasarkan pantauan di pintu tol Kunciran 2, sekitar pukul 06.30 WIB, tampak kondusif. Tak terjadi penumpukan kendaraan di pintu tol ruas Tangerang-Jakarta tersebut.

Selain dari petugas polisi, ada pula petugas dari Badan Pengelola Transportasi Jabotabek (BPTJ), Patroli Jalan Raya (PJR), dan Jasa Marga memberikan informasi ke pengendara mobil soal pelaksanaan uji coba tersebut.

Ditemui di kawasan pintu tol Kunciran 2, Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan selama masa uji coba tak akan ada penilangan terhadap kendaraan berplat ganjil yang mencoba masuk pintu tol Kunciran 2. Pengendara hanya akan diarahkan untuk memutar kendaraannya agar tak masuk lewat tol Kunciran 2.

Bambang menerangkan masa uji coba akan diberlakukan selama dua pekan terhitung mulai hari ini.

“Awal Mei kami terapkan [penilangan] seiring turunnya payung hukum peraturan dari Kemenhub,” kata Bambang yang berada di Pintu Tol Kunciran 2 untuk meninjau langsung pelaksanaan uji coba ganjil-genap.

Bambang menambahkan, pemberlakuan ganjil-genap berlaku sejak pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB setiap hari kerja, kecuali tanggal merah.

Selain memberikan pilihan agar pengemudi masuk dari pintu Tol Karawaci, Bambang mengimbau pengendara mobil untuk beralih ke angkutan umum. Soal angkutan umum, ia menyatakan telah disediakan 14 unit bus yang ditempatkan tidak jauh dari pintu Tol Kunciran 2 yakni di Mall Alam Sutera.

“Dengan pengaturan ini kami harapkan volume kendaraan berbagi beban. Mereka akan berangkat lebih pagi. Kami ingin kecepatan rata rata [dalam tol] 60 kilometer per jam,” kata Bambang menjelaskan alasan penerapan ganjil-genap tol tersebut.

 

[Kid/Gil/CNN]

banten hari ini

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *