Makarel Kalengan Masih Beredar di Tangerang Makarel Kalengan Masih Beredar di Tangerang
TANGERANG, bantenhariini.com – Makarel kalengan yang dilarang beredar, masih dapat ditemui di Tangerang. Padahal, pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melarang peredarannya.... Makarel Kalengan Masih Beredar di Tangerang

http://www.bantenhariini.com/wp-content/uploads-aep/2018/04/IMG-20180415-WA0042.jpgTANGERANG, bantenhariini.com – Makarel kalengan yang dilarang beredar, masih dapat ditemui di Tangerang. Padahal, pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melarang peredarannya.

Pantauan bantenhariini.com, salah satu minimarket di Jalan Kisamaun, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang masih menjual salah satu merk makarel kalengan yang dilarang.

Makarel tersebut, nampak masih memenuhi salah satu rak makanan kalengan. Diakui petugas yang enggan disebutkan identitasnya, dia mengaku belum mendapat arahan untuk menarik penjualan produk impor itu.

Sementara, Humas BPOM Banten Sinta mengatakan pihaknya telah melakukan penarikan makanan kaleng tersebut dari pasaran. Pihaknya bekerja sama dengan Industri Perdagangan (Indag) dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Untuk jumlahnya yang sudah kami sita kurang lebih ratusan untuk di kota dan kabupaten,” ucapnya saat dikonfirmasi, Minggu (15/4/2018).

Sinta mengimbau agar pedagang tidak menjual makarel, pasca diterbitkannya surat imbauan dari BPOM. “Nanti bila masih ada akan diberikan teguran dengan cara koordinasi bersama pihak setempat,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi mengatakan kandungan cacing yang berada pada makarel dapat menyebabkan alergi.

“Namanya cacing anisakis simplex, cacing itu memang ada di dalam tubuh makarel. Yang dikatakan cacing itu berprotein itu benar, tapi kan masih banyak protein masa iya makan protein dari cacing, aneh-aneh aja,” pungkasnya. (Fani/Setia)

banten hari ini

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *