Home / Berita Utama / Padatnya Kendaraan, Udara Kota Serang Mulai Tercemar

Padatnya Kendaraan, Udara Kota Serang Mulai Tercemar

SERANG, bantenhariini.com – Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Serang bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup mengadakan uji emisi selama tiga hari kedepan untuk kendaraan roda empat yang ada di Kota Serang. Uji emisi ini dilaksanakan sebagai bagian dari program Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP).

Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup, Kota Serang saat ini mengalami peningkatan dalam beberapa aspek tingkat pencemaran udara, terutama dari segi kepadatan kendaraan di jalan raya.

“Kebetulan di Kota Serang ini saat mengikuti program Langit Biru, sebenarnya 2011-2014 kondisi Kota Serang masih kondusif, setelah 2014 ternyata ada peningkatan drastis (pencemaran udara,red),” jelas konsultan Kementerian Lingkungan Hidup, Gunaryanto, Selasa (5/11).

Ia mengatakan, program EKUP ini mencakup dari tiga kegiatan, yaitu uji emisi, penghitungan kecepatan dan kerapatan lalu lintas dan yang ketiga adalah pengujian udara yang ada di samping jalan raya.

“Untuk volume dan kecepatan (kendaraan,red) kemarin, di tahun 2014 mengalami peningkatan yang signifikan, mungkin dari penggunaan kendaraan yang naik dan lebih tinggi dari kota lainnya sehingga sangat padat,” papar Gunaryanto.

Menurut Gunaryanto, persoalan kepadatan kendaraan di Kota Serang cukup berkontribusi terhadap pencemaran udara, hal ini didasarkan pada beberapa faktor, seperti U-Turn, Lampu Merah yang menghambat kecepatan kendaraan.

“Ini sangat mempengaruhi, karena jika kendaraan berhenti, terus kondisi kendaraan dengan ac yang nyala, otomatis akan menghasilkan pencemaran,” jelasnya.

Gunaryanto berharap, pemerintah dapat membentuk beberapa kebijakan-kebijakan untuk mengatur pencemaran udara Kota Serang.

“Seperti di Jakarta, dengan car free day, ganjil-genap dan lainnya,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kasie Pencemaran Lingkungan Hidup Dinas LH Kota Serang, Murtafiah mengakui bahwa saat ini jumlah kendaraan yang ada di Kota Serang mengalami peningkatan, menurutnya kegiatan uji emisi ini merupakan salah satu program untuk menekan polusi udara di Kota Serang.

“Memang pada tahun 2010, keadaan udara Kota Serang senasional juara dua, karena semakin padat kendaraan di kita, bukannya turun malah naik C02nya, makanya dengan cara seperti ini, kami berharap bisa ada penekanan untuk CO2. Kemudian juga mengingatkan ke masyarakat, jadi bisa ke bengkel agar kendaraannya diperbaiki,” terangnya.

Murtafiah mengatakan, anggaran untuk pelaksanaan program penekanan kondisi udara di Kota Serang dibebankan sepenuhnya kepada APBD Kota Serang.

“Ya kita tahu sendiri kan, kalau mengandalkan APBD Kota Serang saja, ya kita usahakan semaksimal mungkin agar mencapai target,” ungkapnya.

Murtafiah mengatakan, target kendaraan yang akan diuji emisi adalah sebanyak 1.000 kendaraan. (FEB).

About banten hari ini

Check Also

Mantapkan Program 2018, IWO Bekasi Gelar Rakerda

Seolah tak habis energinya, Ikatan Wartawan Online (IWO) Bekasi terus melesat menggulirkan kegiatan. Kali ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cheap jordans for sale, Cheap jordans shoes, cheap jordans for sale, jordans retro 13, cheap nfl jerseys foamposites For Sale, cheap soccer jerseys, Cheap xxxi jordans, cheap jordan 12, Canada Goose sale,